BIOGRAFI

 

70’s Orgasm Club adalah unit trio funk bluesy rock yang terbentuk tahun 2004. Di tahun yang sama kelahirannya ini ditandai dengan dimuatnya lagu “Supersonicloveisticated” versi demo dalam kompilasi demo DRS Sampler Family Vol.1 yang digagas oleh webzine Deathrockstar.info. Di tahun yang sama lagu “Supersonicloveisticated” yang telah direkam di studio dirilis menjadi single pertama dalam bentuk kaset melalui majalah Ripple yang saat itu masih berbentuk pocket magazine. Setelah menjadi salah satu pemenang di ajang festival indie pertama tahun 2006 dan menyumbangkan single “Peppermint, Insect” ke dalam kompilasi Indiefest vol.1, grup musik ini mulai dikenal secara nasional. Kemudian di tahun 2008 merilis single berikutnya “Love Bus” melalui kompilasi Provoke! vol.1.

Tahun 2011 mereka merilis mini album Supersonicloveisticated EP yang dirilis oleh label mereka Corduroy Groove dan bekerja sama dengan 34/7 records. Sayangnya acara rilis album ini sekaligus menandai perpisahan dengan bassis Rio dan drummer Endy yang kemudian fokus berkeluarga. Selepasnya perilisan mini album tersebut Anto Arief malah banyak tampil sendiri dengan gitar akustik, dari bermain hanya ditemani pemain saksofon, tampil sendiri membuka konser Koil di depan ribuan masanya yang berpakaian hitam-hitam, hingga sekedar bermain setiap Sabtu pagi di taman-taman Bandung. Dari kegiatan terakhir ini lahirlah komunitas jamming taman. Dari situ sebuah kafe Beat ‘N Bite milik Riko, gitaris Mocca menawarkan untuk memindahkan jamming taman ke dalam salah satu acara di kafenya. Lahirlah Open Mic B’nB yang diadakan setiap Jumat malam di Bandung. Dan di situ Anto didaulat menjadi host-nya.

Di Open Mic itulah Anto bertemu dengan drummer Bagan dan bassis Galant. Duo sahabat yang memiliki groove maut, yang kemudian menarik perhatian Anto. Tak membutuhkan waktu lama ketika akhirnya mereka bertiga menemukan chemistry, dan bergabunglah ke dalam formasi terbaru 70’s Orgasm Club. Sepanjang tahun 2013 mereka habiskan dengan jamming nonstop menulis lagu baru. Setelah berkali-kali mencoba merekam materi album penuh, baru pada 2016 mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan gitaris neo-klasik jazz Tesla Manaf yang menawarkan dirinya sebagai produser album. Kali ini chemistry mereka berempat bertemu. Kedisiplinan dan pengalaman Tesla sebagai produser beberapa band sebelumnya membuat proses rekaman begitu cepat dan efisien. Total produksi rekaman ini dihabiskan dalam tiga bulan, terhitung dari Juni sampai Agustus 2016. Sekarang 70’s Orgasm Club muncul dengan menyingkat namanya menjadi 70s OC, dan memilih judul Electric Love sebagai judul album penuh perdana mereka yang siap dirilis di tahun 2017